Kikil Masak Kecap Pedas

Kikil Masak Kecap Pedas

Kikil Masak Kecap Pedas

By

Diah Didi

3:04 PM

Recipes,

Tradisional

Alhamdulillah menu maksi hari ini. Penampakannya seperti oseng kikil biasa ya..tapi percayalah..ini enak  banget..hihi. Cara masaknya sedikit berbeda dari oseng biasa. Selama ini, kalau ngoseng kikil, jika nggak lama masaknya suka kurang meresap bumbunya. Jadilah aku iseng modifikasi resep, kikil di ungkep dulu bumbu halus agak lama, setelah kuah habis baru di cabein..hihi. Dua kali proses, tapi hasilnya lebih enak..daripada yang di oseng biasa. Jadi bumbunya lumayan meresap ke dalam kikil..nggak cuma di luar aja.

Kikil...kenyil-kenyil enak. Kalau beli di warung makan itu suka neg..karena kadang aroma prengusnya masih terasa. Kalau masak sendiri itu lebih aman dan bersih..serta nggak tajam aromanya. Caranya..mudah saja..rebus kikil dengan jahe geprek, daun salam dan lengkuas, serta sedikit garam hingga kikil empuk. Tiriskan, baru di masak sesuai selera. Pasti dech aromanya nggak akan menyengat.

Tips memilih kikil yang bagus, pilih yang masih segar, belum di masak atau di rebus. Kadang ada pedagang nakal yang kikil kemaren di jual lagi dengan cara di rebus...atau di bakar. Pilih yang masih segar saja..di rebus sendiri ya teman-teman. Karena Yodha juga suka kikil kecap begini, aku masak pakai cabai teropong aja yang ngga terlalu pedas. Jika suka pedas, pakai cabai rawit merah tentu saja lebih nampol ya pedasnya..hihi.

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..:)

Kikil Masak Kecap Pedas

Bahan :

Ingredients

  • 400 gram kikil, rebus dengan 3 cm jahe geprek, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas dan 1 sendok teh garam hingga empuk, potong-potong kecil
  • 4 buah cabai merah besar, 4 buah cabai hijau besar
  • 4 buah bawang merah, 4 di iris tipis
  • 4 siung bawang putih, 4 di iris tipis
  • 1 buah tomat
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 4 - 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
  • 500 ml air
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh ketumbar
Read the whole recipe on Diah Didi's Kitchen